5 Tips Makeup untuk Tampil Flawless untuk Kulit Kombinasi

Sabtu, 30 Juni 2018 - 10:30 WIB
5 Tips Makeup untuk Tampil Flawless untuk Kulit Kombinasi
5 Tips Makeup untuk Tampil Flawless untuk Kulit Kombinasi
A A A
JAKARTA - Beragam masalah kulit seperti minyak berlebih pada area t-zone, pori-pori besar pada area hidung dan pipi hingga kulit kering pada pipi kerap dikeluhkan para wanita dengan kulit kombinasi. Kondisi ini membuat tampilan make up menjadi tidak sempurna.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan kulit dan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Khususnya jika Anda yang ingin mendapat hasil make up flawless, berikut tips make up untuk kulit kombinasi seperti dikutip dari Sociolla.

1. Gunakan mattifying primer pada area t-zone.
Setelah menggunakan rangkaian skin care, persiapkan area t-zone menggunakan mattifying primer. Primer jenis ini dapat membantu meminimalisir tampilan pori-pori dan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah serta membuat tampilan make up lebih natural dan mulus.

2. Pilih formula foundation yang sesuai area terluas wajah
Saat memilih formula foundation, pilih yang sesuai dengan area terluas wajah Anda. Misalnya, memiliki wajah kombinasi yang cenderung kering namun memiliki area t-zone yang berminyak. Untuk mengatasinya, gunakan moisturizing foundation pada area wajah yang kering dengan membaurkannya ke arah luar wajah menjauhi t-zone. Lalu untuk area t-zone, gunakan concealer untuk kulit berminyak yang memiliki hasil akhir matte dan coverafe medium.

3. Set make up menggunakan bedak
Setelah mengaplikasikan foundation dan concealer, set makeup Anda menggunakan bedak translucent atau tinted powder menggunakan brush. Cara ini akan menambahkan lapisan tipis ekstra pada area t-zone yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih dan membuat wajah bebas kilau seharian. Jika Anda memiliki area t-zone yang sangat berminyak, serap minyak menggunakan blotting paper atau tisu lebih dulu sebelum mengaplikasikan bedak.

4. Rawat kulit dengan clarifying mask
Clarifying mask merupakan jenis masker yang cocok untuk pemilik kulit berminyak. Masker jenis ini dapat membantu membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori dan mengangkat debris pada wajah. Anda yang memiliki kulit kombinasi dengan t-zone yang berminyak juga bisa gunakan clarifying mask untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah. Anda bisa menggunakan masker ini hanya pada area t-zone saja atau bisa juga digunakan pada seluruh permukaan wajah yang sudah dibersihkan.

5. Serap minyak wajah sehabis penggunaan make up
Blotting paper merupakan sahabat para wanita yang memiliki wajah normal, kombinasi dan berminyak. Tak hanya digunakan saat wajah mulai berminyak di tengah hari, blotting paper juga sebaiknya digunakan setelah selesai menggunakan make up. Setelah pengaplikasian make up, biasanya akan terlihat lapisan minyak yang berkumpul di permukaan wajah. Cobalah untuk menyerap minyak berlebih di wajah menggunakan blotting paper. Jika minyak sudah terserap, selanjutnya gunakan bedak.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4019 seconds (0.1#10.140)